DPR Pertanyakan soal Server PDN Lebih dari 5 hari Belum Pulih: Apa Benar Tier 4?

DPR Pertanyakan soal Server PDN Lebih dari 5 hari Belum Pulih: Apa Benar Tier 4?

Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi PKS, Sukamta, mempertanyakan soal isu yang beredar di publik soal status server PDN (Pusat Data Nasional) Sementara yang merupakan tier atau tingkat 4. Sukamta bertanya, jika informasi tersebut benar, seharusnya pemulihan server PDN tak butuh waktu sampai lebih dari lima hari.

Server PDN tersebut mengalami gangguan sejak Kamis (20/6) dini hari. Akibatnya banyak fasilitas publik yang lumpuh dan tidak bisa diakses.

“Kita dengar klaim di publik bahwa PDNS ini tier 4, Pak? Apa benar tier 4? Memang benar? Nah kalau tier 4 ya data center-nya tier 4, terus backup-nya itu tidak otomatis, semuanya harus redundan, semua harus minta, terus dimoderatori oleh Kominfo. Menurut saya absurd, Pak,” ucap Sukamta.

Ia lalu menyebut, dengan prosedur yang begitu panjang, seharusnya PDNS tidak layak disebut masuk tier 4. Sebab dalam tier 4, penanganan saat gangguan harus bisa selesai kurang dari dua jam.

“Kalau responsnya sudah lebih dari 5 hari, itu tier 1 aja enggak. Jadi klaim anda ini klaim yang menurut saya agak tidak pas. Klaim sepihak pak, layanannya VVIP tetapi praktiknya jauh dari VVIP Pak,” tutur Sukamta.

Tier atau tingkatan ini merupakan istilah yang merujuk pada teknologi dan tingkat keamanan sebuah data center atau pusat data. Ada sejumlah lembaga yang memberikan standardisasi tier di pusat data, salah satunya adalah Telecommunications Industry Assocition 942 (TIA-942) yang biasanya digunakan sebagai referensi saat merancang pusat data.

Ada beberapa standar yang ditetapkan oleh TIA-942, termasuk keamanan jaringan, desain kelistrikan, kontrol pada ancaman listrik, hingga manajemen lingkungan. Ada empat tingkatan dalam pusat data menurut TIA-942: Tier 1 atau Basic Site Insfrastructure; Tier 2 atau Redundant Site Infrastructure Capacity Components; Tier 3 atau Concurrently Maintenable Site Infrastructure; dan Tier 4 atau Fault Tolerant Site Infrastructure.

Semakin tinggi tingkatannya, maka semakin tinggi pula keamanannya. Pada Tier 4 atau tingkatan tertinggi, pusat data punya toleransi downtime 30 menit saja dalam satu tahun. Di tingkat ini juga seharusnya memiliki level keamanan tertinggi, baik secara sistem maupun fisik.


Eksplorasi konten lain dari LAMPUNG7.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tulis Komentar Anda