Fantastis! Sweater ‘Domba Hitam’ Putri Diana Terjual Rp17,6 M

MENDIANG Putri Diana akan selalu jadi ikon fesyen. Apa pun yg ia kenakan selalu menjadi momen fesyen nan tak lekang waktu. Salah satu yang ikonis yakni sweater domba hitam miliknya. Sweater milik mendiang Putri Diana itu terjual dengan harga memukau dalam sebuah lelang. Angka penjualannya memecahkan dua rekor dalam lelang sekaligus.

Seperti dikabarkan CNN, sweater ini terjual dengan harga USD 1.143 juta atau sekitar Rp17,6 miliar dalam lelang Fashion Icons Sotheby di New York, Amerika Serikat, Kamis (14/9) waktu setempat. Sweater terjual hanya dalam waktu 15 menit setelah penawaran pertama.

Semula, sweater tersebut diprediksi akan terjual dengan harga sekitar USD50 ribu – USD80 ribu atau sekitar Rp768,4 juta hingga Rp1,2 miliar. Namun, setelah 44 penawaran muncul, harganya melonjak hingga 14 kali lebih tinggi dari perkiraan. “Kami sangat senang bahwa sweater kesayangan ini kini telah menemukan rumah baru, membawa serta warisan abadi Putri Diana,” ujar sang desainer Sally Muir dan Joanna Osborne, dalam sebuah pernyataan dikutip CNN.

Dengan angka tersebut, sweater memecahkan rekor sebagai busana Putri Diana termahal yang pernah dilelang. Sebelumnya, rekor dipegang oleh gaun pesta rancangan Victor Edelstein yang khusus dibuat untuknya pada tahun 1989 silam.

BACA JUGA:   Crane jatuh di Masjidil Haram, 1 jamaah Indonesia tewas, 20 luka

Gaun yang terbuat dari bahan beludru dan sutera berwarna merah marun itu menjadi salah satu contoh penting dari ‘kematangan busana’ Putri Diana. Pada lelang yang digelar awal tahun ini, busana tersebut terjual seharga USD604.800 atau sekitar Rp9,3 miliar.

Selain itu, sweater kambing hitam ini juga memecahkan rekor sebagai sweater paling mahal yang pernah dijual dalam lelang. Sebelumnya, rekor dipegang oleh cardigan yang digunakan mendiang musisi Kurt Cobain saat tampil dalam MTV Unplugged.

BACA JUGA:   Kodim 0422 Bersama Disbunnak Temukan Daging Busuk Saat Pantau Pasar

Sweater kambing hitam ini dibuat oleh duet Muir dan Osborne pada 1979 silam. Sweater dijual di bawah label mereka yang bernama Warm & Wonderful.

Sweater rajut berwarna dasar merah ini menggambarkan deretan domba putih yang saling berbaris. Namun di tengah itu, ada kehadiran seekor domba hitam yang menonjol di antara barisan domba putih.

Namun, sweater mengalami robekan kecil selang beberapa pekan setelah Putri Diana mengenakannya. Istana Buckingham pun mengembalikan sweater tersebut ke Warm & Wonderful. Sweater diperbaiki dan dikenakan kembali oleh Putri Diana pada pertandingan polo tahun 1983 silam.**

Tinggalkan Balasan