5 menteri baru dan Seskab yang resmi dilantik Presiden Jokowi

 

Pelantikan Menteri Jokowi.
Pelantikan Menteri Jokowi.
LAMPUNG7COM – Presiden Joko Widodo menjawab isu reshuffle sejumlah menteri dalam Kabinet Kerja dan pejabat setingkat menteri. Hari ini, Jokowi, sapaannya, resmi melantik sejumlah menteri untuk menempati pos kementerian yang tinggal pendahulunya.
Pantauan merdeka.com di Istana Negara, Rabu (12/8), pelantikan dilakukan sekitar pukul 13.30 WIB. Pelantikan ini dihadiri seluruh menteri, petinggi lembaga negara dan Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Menteri yang berdiri di posisi terdepan di samping Wakil Presiden Jusuf Kalla.
Ada empat wajah baru yang mengisi Kabinet Kerja Jokowi. Mereka adalah Darmin Nasution sebagai Menko Perekonomian, Thomas Lembong sebagai Menteri Perdagangan, Rizal Ramli sebagai Menko Maritim, dan Pramono Anung sebagai Sekretaris Kabinet.
Sedangkan dua nama lainnya wajah lama yang berganti posisi jabatan. Luhut Panjaitan menjadi Menko Polhukam dan Sofyan Djalil sebagai Kepala Bappenas.
Pelantikan 5 menteri ini berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 79/P/2015 tentang penggantian beberapa menteri periode 2014-2015. Sedangkan pelantikan Sekretaris Kabinet berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 80/P/2015 tentang pemberhentian dan pengangkatan Sekretaris Kabinet.
Reshuffle Kabinet ini terbilang cepat untuk periode baru pemerintah. Mereka dilantik Oktober lalu, genap 10 bulan bekerja Jokowi mengganti sejumlah menteri kabinet kerja.
Sementara itu, Tedjo Edhy, Rachmat Gobel, Indroyono Susilo, Andi Widjajanto terusir dari kabinet. [mdk]  

Baca Juga :

Pembukaan rapat sosialisasi kesepakatan kerjasama Internasional
Pembukaan rapat sosialisasi kesepakatan kerjasama Internasional
UMKM Lampung harap Presiden Joko Widodo tingkatkan pasar nasional
Perjanjian internasional dinilai hambat perdagangan ikan
Soal kelangkaan daging, Jokowi janji akan sikat pemain harga
 

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.