Fakta-fakta Rekrutmen Bersama BUMN 2024 yang Telah Dibuka

Fakta-fakta Rekrutmen Bersama BUMN 2024 yang Telah Dibuka

Kementerian BUMN kembali membuka program Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2024. Program ini akan dimulai pada 23 Maret hingga 1 April 2024.

1.830 Posisi Tersedia dalam Rekrutmen Bersama BUMN 2024

Program RBB 2024 yang berpartisipasi lebih dari 100 BUMN dengan lapangan kerja yang tersedia sebanyak 688 lowongan dan 1.830 posisi.

Ketua Umum Forum Human Capital Indonesia (FHCI), Alexandra Askandar, mengatakan program RBB tahun ini terbuka untuk pendidikan SMA/sederajat, D3, S1, hingga S2.

“Pada pelaksanaan RBB 2024 ini kami akan mulai membuka pendaftaran di tanggal 23 Maret 2024 yaitu besok,” ujar Alexandra dalam konferensi pers di Jakarta, Jumat (22/3).

Alexandra mengungkapkan, batasan usia untuk pendidikan SMA yaitu maksimal 25 tahun. Sementara pendidikan diploma maksimal 27 tahun. Untuk sarjana maksimal usia 30 tahun. Sedangkan untuk gelar Magister maksimal 35 tahun.

Pada RBB 2024, yang berpartisipasi ada lebih dari 100 BUMN Tahapan seleksi RBB akan dilakukan beberapa tes, di antaranya tes kemampuan dasar, tes akhlak, tes bahasa Inggris.

Selain itu, ada tes wawasan kebangsaan dan learning agility. Setelah itu dilanjutkan dengan tahap seleksi terakhir yaitu tes kemampuan bidang di masing-masing perekrutan.

“Kami dari pagi ini terus melakukan penyempurnaan proses rekrutmen bersama ini baik mulai dari tahap pendaftaran tahap seleksi hingga nanti akhir pengumuman dan hal ini dilakukan dengan tetap mengedepankan kredibilitas transparansi profesionalisme, serta menjunjung Core values akhlak,” katanya.

Beri Kesempatan Disabilitas Lewat Rekrutmen Bersama

Kementerian BUMN memberikan kesempatan bagi penyandang disabilitas untuk mengikuti program RBB 2024. Khusus untuk penyandang disabilitas, mekanisme rekrutmennya dilakukan secara terpisah dari rekrutmen reguler.

“Meskipun khusus buat teman-teman disabilitas mekanisme rekrutmennya dilakukan terpisah dari rekrutmen reguler, yang mana kami akan menyediakan environment yang nyaman buat teman-teman penyandang disabilitas,” kata Alexandra.

Pihaknya telah melakukan sejumlah pembaharuan untuk RBB tahun ini. Pertama, kemudahan akses informasi, terdapat beberapa saluran yang dapat digunakan seperti WhatsApp bisnis, kemudian implementasi Chatbot berbasis WhatsApp dan frequently ask question pada website resmi kementerian BUMN dan FHCI.

FHCI Pastikan Tak Ada Kecurangan

FHCI memastikan tidak ada kecurangan pada program RBB Tahun 2024. Dalam hal ini, Kementerian BUMN menjunjung tinggi transparansi dalam mencari talenta yang memenuhi kompetensi.

“Tes-tes tahapan tesnya khususnya untuk online, seperti tahun lalu kita sudah lakukan, tes ini nilainya langsung disampaikan. Sehingga benar-benar kita junjung tinggi prinsip transparansi. Talenta yang kita inginkan benar-benar yang memenuhi kompetensi, sehingga kita tutup ruang-ruang kecurangan yang ada,” ujar Deputi Bidang Manajemen Sumber Daya Manusia, Teknologi, dan Informasi Kementerian BUMN, Tedi Bharata.

Tedi mengimbau para peserta RBB 2024 nantinya tidak perlu khawatir terkait hal tersebut. Ia meminta kepada seluruh peserta RBB 2024 untuk fokus mempersiapkan diri dengan baik.


Eksplorasi konten lain dari LAMPUNG7.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tulis Komentar Anda