Tingkatkan Kompetensi Aparatur, Brida Lampung Selatan Gelar Bimtek Inovasi

Tingkatkan Kompetensi Aparatur, Brida Lampung Selatan Gelar Bimtek Inovasi

LAMSEL, Kalianda – Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Kabupaten Lampung Selatan menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Inovasi yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan kreativitas aparatur pelaku pembangunan di lingkup perangkat daerah.

Bimtek yang dilaksanakan sejak tanggal 2 hingga 29 Mei 2024 berlangsung di Ruang Klinik Inovasi Daerah, Kantor Brida Kabupaten Lampung Selatan. Setiap instansi/perangkat daerah bergilir melakukan Bimtek sekaligus konsultasi terkait inovasi yang akan diusung.

Analis Pemanfaatan Iptek Ahli Muda Brida Kabupaten Lampung Selatan, Iskandar Mujadi, S.E., meminta agar setiap inovasi yang akan diajukan harus memiliki keterkaitan dengan 5 unsur yang akan mendukung percepatan inovasi.

Diantaranya, unsur pemerintahan, unsur pelaku bisnis, unsur komunitas/organisasi kemasyarakatan, unsur akademisi dan unsur media masa.

“Lima pokok ini wajib ada. Kemudian, inovasi dilakukan berdasarkan identifikasi masalah, semua yang sudah masuk dalam inovasi akan dilakukan evaluasi oleh Brida baru kemudian dikirimkan ke Kemendagri,” kata Iskandar Mujadi saat acara Bimtek Inovasi, Senin (6/5/2024).

Dalam kesempatan itu, Iskandar Mujadi juga menyampaikan, indeks inovasi daerah terdiri dari dua aspek, yaitu satuan pemerintahan daerah dan satuan inovasi.

Dua aspek tersebut didukung oleh 8 variabel, seperti institusi, SDM, ekosistem inovasi dan kajian, infrastruktur, output pengetahuan dan teknologi, kecepatan bisnis proses, kecanggihan produk serta jumlah inovasi dan hasil kreatif.

“Pelaksanaan inovasi daerah dimulai dari Identifikasi Masalah (Evaluasi), Diskusi, Komparasi, Konsepkan, Lakukan Dengan Kolaborasi, dan Dokumentasikan,” tutur Iskandar Mujadi.

Untuk diketahui, pada hari ini yang mengikuti Bimtek Inovasi yaitu Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA), Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dalduk KB), Dinas Ketahanan Pangan, dan Dinas Lingkungan Hidup Daerah.


Eksplorasi konten lain dari LAMPUNG7.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tulis Komentar Anda