Cegah Resiko Stunting, Pemkab Pesawaran Gelar Gebyar Imunisasi Rotavirus

Cegah Resiko Stunting, Pemkab Pesawaran Gelar Gebyar Imunisasi Rotavirus

Pesawaran – Imunisasi memiliki peran penting, selain dalam menurunkan angka kematian anak, juga menurunkan risiko anak untuk mengalami stunting.

Demikian disampaikan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona diwakili Asisten Administrasi Umum Setdakab Pesawaran Heriansyah saat membuka kegiatan Gebyar Imunisasi Rotavirus bagi Bayi untuk Mencegah Stunting di Kabupaten Pesawaran.

Heriansyah menjelaskan, didalam penelitian, tercatat anak dengan status imunisasi yang belum tuntas 1,78 kali lebih berisiko mengalami stunting dibandingkan anak dengan status imunisasi lengkap.

WHO telah merekomendasikan untuk melakukan pemberian imunisasi Rotavirus (RV) pada bayi kedalam program imunisasi Nasional pada semua negara, terutama dinegara-negara dengan tingkat kematian terkait Rotavirus Gastroenteritis (RVGE) yang tinggi.

“Sampai tahun 2023 terdapat 114 negara telah memasukkan imunisasi Rotavirus kedalam national immunization program,” ucapnya di Lapangan Kecamatan Tegineneng, Pesawaran, Rabu (10/01/24).

Ia meminta imunisasi Rotavirus ini untuk lebih dikampanyekan kepada masyarakat.

“Sampai saat ini, pelaksanaan imunisasi RV di Provinsi baru berjalan 9 bulan dengan lokus satu Kabupaten dari 6 Kabupaten/Kota, sehingga capaian imunisasi RV ini harus lebih dikampanyekan kepada masyarakat untuk memberikan pengetahuan terutama pentingnya imunisasi RV sebagai upaya pencegahan diare yang dapat berdampak stunting pada bayi,” katanya.

Dirinya mengatakan menurut data Kemenkes RI bahwa capaian imunisasi Rotavirus secara provinsi baru sebesar 5,23% dan capaian di Kabupten Pesawaran tergolong cukup rendah.

“Untuk Kabupaten Pesawaran sendiri, kita sudah melaksanakan mulai Agustus 2023 yang lalu, namun capaiannya masih rendah. Capaian Imunisasi Rotavirus pertama 16,8% (1.518 bayi) dan Iminusasi Rotavirus ke-2, capainnya  10,3% (928 bayi),” lanjutnya.

Untuk itu sambung Asisten, kegiatan Gebyar Imunisasi ini adalah program untuk mempercepat capaian Imunisai Rotavirus dan diharapkan kedepannya mencapai target Nasional 100% dan semua bayi 2-4 bulan terimunisasi Rotavirus.

“Semoga capaian sesuai dengan target, sehingga semua bayi dapat terimunisasi Rotavirus untuk mencegah penyakit Diare yang pada akhirnya bayi di Kabupaten Pesawaran akan terhindar dari stunting,”tutupnya.

Turut hadir dalam acara Para Kepala OPD di lingkup Pemkab Pesawaran, Camat beserta Ketua TP PKK Kecamatan Tegineneng, Para Kepala Desa beserta Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Tegineneng dan Para Kader.*


Eksplorasi konten lain dari LAMPUNG7.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tulis Komentar Anda