Keren! Desa Wisata Kelawi Raih Rekor Muri dan Juara 2 Nasional di ADWI 2023

LAMPUNG7COM | Desa Wisata Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan berhasil meraih 2 Anugerah Desa Juara Wisata Indonesia (ADWI) 2023 kategori Desa Wisata Maju dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI.

Anugerah tersebut diserahkan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI kepada Sekretaris Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Kelawi di Teater Tanah Airku Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (27/8/2023).

Selain meraih juara 2 nasional di ADWI 2023, Desa Wisata Kelawi juga berhasil menyabet Rekor Muri sebagai Desa Wisata Pertama yang memiliki Varietas Buah Alpukat Desa Kelawi.

Penghargaan Rekor Muri tersebut diserahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin disaksikan Ketua Umum Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI) Jaya Suprana pada acara ADWI 2023 tersebut.

Kepala Dinas Pariwista dan Kebudayaan Kabupaten Lampung Selatan M. Darmawan mengaku sangat bangga dan bersyukur atas diraihnya penghargaan tersebut.

Menurut Darmawan, keberhasilan yang dicapai tidaklah mudah. Sebab, Desa Kelawi melalui Konservasi Pantai Minang Rua berhasil bersaing dengan 4573 desa lain di Indonesia.

“Alhhamdulillah Desa Kelawi berhasil meraih juara 2. Jadi total Desa Wisata yang dinilai ada 4573 desa. Dan yang masuk nominasi hanya 75 desa termasuk Desa Kelawi Kabupaten Lampung Selatan,” ujar Darmawan dalam keterangannya, Senin (28/8/2023).

Darmawan menambahkan, untuk menentukan juara pada ADWI 2023, didasarkan pada lima kategori penilaian. Pertama, daya tarik pengunjung, potensi kreativitas dan hasil karya desa wisata, hingga peningkatan kualitas standar pelayanan.

“Penilaian lainnya terkait digital dan kreatif dalam hal pemanfaatan digitalisasi promosi Desa Wisata. Kemudian terkait Kelembagaan Desa Wisata dan sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, and Environment Sustainability (CHSE) berstandar nasional,” kata Darmawan.

Diketahui, Desa Kelawi melalui Konservasi Pantai Minang Rua merupakan salah satu destinasi wisata yang berada di Provinsi Lampung. Tepatnya di Jalan Pariwisata Batu Alif, Dusun Minang Rua, Desa Kelawi, Kecamatan Bakauheni, Kabupaten Lampung Selatan.

Desa Kelawi sendiri diresmikan sebagai Desa Wisata Terbaik ke-29 pada ADWI 2023 oleh Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno pada 27 Mei 2023 lalu.

Mengutip situs gioksta.kemenparekraf.go.id, beberapa destinasi unggulan di sekitar Desa Kelawi antara lain Taman Bawah Laut, Goa Lalay, Green Canyon, dan Batu Alif.

Wisatawan juga bisa menikmati atraksi spot jumping. Bagi pecinta hewan, bisa mengunjungi penangkaran penyu yang dikelola Pokdarwis setempat.

Poin plusnya lainnya, akses Desa Kelawi yang dekat dari Jakarta. Jaraknya hanya sekitar 4,7 kilometer dari Pelabuhan Bakauheni, atau hanya sekitar 12 menit menggunakan kendaraan.

Sementara dari pusat kota Bandar Lampung, jaraknya sekitar 91 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 jam melalui jalan tol atau 2 jam melalui jalan biasa. | Red.

Tinggalkan komentar

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.