898 Mahasiswa SNBP Ikuti Seleksi Wawancara Calon Penerima KIP Kuliah

898 Mahasiswa SNBP Ikuti Seleksi Wawancara Calon Penerima KIP Kuliah

Program Indonesia Pintar (PIP) merupakan program bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan.

Proses wawancara merupakan salah satu rangkaian seleksi penerimaan PIP yang diinisasi pemerintah melalui Permendikbud Nomor 10 Tahun 2020 tentang Program Indonesia Pintar. Seleksi wawancara menjadi salah satu tahapan penting dalam menentukan kelulusan KIP Kuliah, pada proses wawancara dibagi menjadi tiga sesi.

Pengumuman seleksi wawancara akan dilakukan setelah rapat pleno, dalam rangka meninjau kembali kelayakan mahasiswa dan keberhakan sebagai penerima KIP Kuliah, serta memastikan ketepatan sasaran penerima. Setelah seleksi wawancara, akan dilakukan survei tempat calon penerima KIP Kuliah di setiap daerah.

Survei bertujuan untuk memastikan kebenaran data sesuai berkas yang dikirim. Rangkaian pendaftaran dimulai dengan melakukan pendaftaran di laman KIP Kuliah. Selanjutnya pengumpulan berkas dan proses verifikasi, serta seleksi wawancara, diakhiri dengan pengumuman penerima.

Koordinator Kemahasiswaan Unila Sopiana, S.Sos., M.Si., berharap, program KIP Kuliah dapat tepat sasaran bagi mahasiswa yang membutuhkan dan tidak salah memberikan. Ia menekankan, program ini diperuntukan bagi mahasiswa prasejahtera, terlebih jika mahasiswa tersebut memiliki prestasi.

KIP Kuliah memberikan pembebasan biaya pendaftaran seleksi masuk perguruan tinggi, biaya hidup dan pembebasan biaya UKT bagi mahasiswa penerima. Shabrina Anindita, mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara, Fakultas Ilmu Sosial dan Politik (FISIP) berbagi pengalaman terkait proses seleksi penerimaan KIP Kuliah Unila.

“Perasaan saya sangat bersemangat untuk bisa lolos dalam tahapan seleksi beasiswa KIP Kuliah ini. Bersyukur karena saat seleksi wawancara berjalan lancar. Hanya sempat terkendala pada awal pendaftaran, saat mempersiapkan berkas yang relatif banyak. Saya sangat berharap diterima sehingga bisa membantu meringankan beban orang tua,” tandasnya.

KIP Kuliah diharapkan dapat menjamin keberlangsungan kuliah dengan memberikan pembebasan biaya kuliah di perguruan tinggi, serta menjamin penyalurannya dari masuk kuliah hingga menyelesaikan masa studi.*


Eksplorasi konten lain dari LAMPUNG7.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tulis Komentar Anda