Mahasiswa Unila Perkaya Pengalaman Melalui MSIB

Mahasiswa Unila Perkaya Pengalaman Melalui MSIB

Azzahra Hamidah Kusuma, mahasiswa Teknik Geodesi Unila angkatan 2021, tengah menikmati kesempatan magangnya di DPUPR Kabupaten Klaten, Jawa Tengah, dengan penuh semangat dan dedikasi.

Sebagai bagian dari tim magang di DPUPR Kabupaten Klaten, Azzahra terlibat dalam penyusunan Rencana Detail Tata Ruang untuk Wilayah Pedan (WP Pedan) dan Wilayah Perencanaan (WP) Kemalang. Mulai dari mereview RDTR sebelumnya hingga menyusun RDTR baru.

Azzahra juga memastikan agar seluruh proses mematuhi peraturan yang berlaku, termasuk Peraturan Menteri Agraria dan Tata Ruang serta Peraturan MenLHK tentang Pedoman Penyusunan Basis Data dan Penyajian Peta Rencana Tata Ruang.

Posisi yang didaftarkan dalam MSIB kali ini adalah sebagai Tim Penyusun RDTR di DPUPR Kabupaten Klaten. Melalui kontribusinya, Azzahra tidak hanya membantu dalam penyusunan RDTR untuk beberapa kecamatan di Kabupaten Klaten, tetapi juga memberikan fondasi penting untuk pengembangan wilayah berkelanjutan.

Selama menjalani magang, Azzahra merasakan beragam pengalaman menarik, mulai dari memahami tata ruang hingga menggunakan teknologi GIS, serta terlibat dalam survei lapangan yang seru dan analisis data geospasial yang mendalam.

“Jadilah proaktif dalam mencari kesempatan untuk mengembangkan diri di luar ruang kelas, jaga motivasi dan komitmen diri, serta berani mengambil langkah di luar zona nyaman,” ujarnya.

Dengan demikian, melalui MSIB dalam Program Kampus Merdeka, mahasiswa Unila seperti Azzahra memiliki kesempatan untuk tidak hanya memperluas wawasan akademis, tetapi juga memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan wilayah berkelanjutan.*


Eksplorasi konten lain dari LAMPUNG7.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tulis Komentar Anda