PENURUNAN HARGA BBM SOLAR DINILAI EFEKTIF

pertaminaLAMPUNG7COM – Pemerintahan Jokowi-JK berencana akan menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) dalam waktu dekat. Bahkan, Presiden Joko Widodo menginginkan penurunan harga BBM masuk dalam Paket Kebijakan Jilid III.
Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution menceritakan ada dua indikator arahan Presiden Jokowi mengenai penurunan harga BBM. Salah satunya adalah, penurunan harga BBM untuk yang saat ini masih disubsidi. Saat ini, BBM yang masih disubsidi pemerintah adalah Solar.
Anggota Dewan Energi Nasional (DEN) Rinaldy Dalimi menilai, penurunan harga Solar merupakan strategi pemerintah agar sektor industri bergerak. Strategi tersebut dinilai Rinaldy sudah dipertimbangkan secara matang oleh pemerintah.
“Itu strategi, saya rasa pertimbangan itu saya yakin sudah matang, dikaji matang bahwa yang perlu diturunkan adalah solar karena itu adalah industri, saya rasa itu tepat untuk dilakukan,” tutur Rinaldy dalam diskusi Energi Kita yang digagas merdeka.com, RRI, Sewatama, IJTI, IKN dan IJO di Gedung Dewan Pers, Jakarta, Minggu (4/10).
Rinaldy mengatakan, kebijakan ini tentu tidak secara signifikan berpengaruh terhadap masyarakat kecil atau pedagang kecil.
Namun, apabila target pemerintah adalah sektor industri, maka kebijakan tersebut dinilai efektif dan berpengaruh secara signifikan.
“Untuk masyarakat yang day by day pedagang kecil itu tidak terlalu signifikan, tetapi target pemerintah kan industri, sehingga itu akan signifikan nanti, sehingga industri kita berkembang, pajak masuk, pertumbuhan ekonomi meningkat, kelihatannya pemerintah ke sana arahnya,” jelas Rinaldy. [mdk]


Eksplorasi konten lain dari LAMPUNG7.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tulis Komentar Anda