LAMPUNG7COM – Metro | Mengusung tema Transformasi Kesehatan Untuk Indonesia Maju, Pemerintah Kota (Pemkot) Metro melalui Dinas Kesehatan Kota Metro menyelenggarakan rangkaian puncak acara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-59 , digelar di Taman Merdeka Kita Metro, Minggu (12/11/2023).

Tampak hadir pada acara HUT HKN ke 59 Walikota dan Wakil Walikota Metro, Ketua dan wakil ketua DPRD Kota Metro, Forkopimda Kota Metro, Sekda, Staf Ahli Bidang 1 Pemerintah Kota Metro, Asisten Pemerintah Kota Metro, para Kepala OPD se-Kota Metro, Ketua TP PKK, Direktur RS se-Kota Metro, Ketua Organisasi Profesi se-Kota Metro, Pimpinan Apotik se-Kota metro, Pimpinan Institusi Pendidikan Kesehatan se-Kota Metro.

Dikatakan dalam laporannya Kepala Dinas Kesehatan Kota Metro Eko Hendro Saputro, dengan terlaksananya peringatan Hari Kesehatan Nasional ( HKN) ke 59 adalah sebagai wadah silaturahmi antar Fasyankes se-Kota Metro dan menumbuhkan semangat persatuan sesama tenaga kesehatan.


“Puncak acara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke 59 dengan Jalan Sehat Ceria diikuti oleh seluruh Nakes Fasyankes (RS Pemerintah / RS Swasta, Puskesmas, Apotik, Klinik Kesehatan, Organisasi Profesi Kesehatan ) serta tamu undangan lainnya, dengan perkiraan jumlah peserta 1.800 orang dan jarak tempuh sejauh 2 km,” ucap Eko Hendro.

Lebih lanjutnya dijelaskannya, Jalan Sehat Ceria tersebut dimulai pkl. 06.00 sampai selesai dengan garis start dan garis finish di depan Rumah Dinas Walikota Metro, kemudian dilanjutkan dengan acara hiburan untuk peserta HKN yaitu Lomba Yel-Yel HKN Ceria, yang akan diikuti oleh Rumah Sakit, Puskesmas dan Klinik se-Kota Metro.

Selain itu, acara juga diisi dengan pemberian penghargaan untuk 11 orang tenaga kesehatan teladan tingkat Kota Metro tahun 2023 dan penghargaan 5 orang ASN purna bhati Kesehatan Kota Metro.

“Adapun Rangkaian acara HKN ke 59 telah di mulai dengan kegiatan Pengukuhan Anak Cabang PPTI Kota Metro Tahun 2023, tanggal 31 Oktober 2023, penyuluhan Tb dan Skirining secara serentak di 5 Kecamatan (berkolaborasi dengan PPDI, Kopi TB, dan fakultas kedokteran Universitas Lampung Program Studi Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi), tanggal 6 November, bhakti sosial pembegian PMT untuk penderita Tb serentak, tanggal 7 November pemeriksaan IVA dan USG bagi ibu hamil, tanggal 10 November , dan puncaknya pada hari ini ada layanan kesehatan THT oleh dokter spesialis serta Jalan Sehat,” ujar Eko Hendro.

Sementara Walikota Metro Wahdi Sirajudin pada sambutannya mengatakan setiap tanggal 12 November diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN), pada tahun ini merupakan peringatan yang ke-59. HKN tahun ini mengusung tema Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju.

“Tema ini menggambarkan bagaimana keberhasilan transformasi kesehatan yang dilakukan oleh Kementerian kesehatan dengan berkolaborasi dan melibatkan berbagai pihak terkait yang bertujuan meningkatkan dan mendorong masyarakat untuk hidup lebih sehat agar lebih produktif sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian yang akan menjadikan Indonesia menjadi lebih maju,” ujar Wahdi.

Kemudian Wahdi juga menjelaskan Peringatan HKN ke-59 di tahun 2023 dapat dijadikan sebagai momentum untuk mewujudkan sistem kesehatan nasional yang lebih kuat yang akan mampu menghadapi tantangan seperti pandemi COVID-19.

“Sistem kesehatan yang lebih kuat ini akan kita wujudkan melalui transformasi sistem kesehatan melalui enam pilar transformasi,” pungkas Wahdi. | Arif. (ADV)

Tulis Komentar Anda