Lampung7.com, Bandar Lampung – Universitas Bandar Lampung (UBL) menggelar Yudisium dan Wisuda Program Sarjana dan Pascasarjana Periode Ganjil 2023/2024. Acara Wisuda yang diikuti 648 wisudawan ini berlangsung khidmat bertempat di Convention Hall Mahligai Agung UBL, Rabu (15/11/2023).

Rektor UBL Prof Dr Ir. M. Yusuf Barusman, MBA dalam sambutannya memberikan pesan khusus kepada para wisudawan. “Atas nama seluruh civitas akademika UBL mengucapkan selamat atas keberhasilan capaian akademik yang saudara raih. Keberhasilan saudara semua hari ini adalah berkat karunia Allah SWT yang merupakan doa orang tua, keluarga dan tentu merupakan hasil dari jerih payah, kesabaran saudara dalam menuntut ilmu. Dengan gelar Sarjana dan Magister ini, saudara kini mengemban tanggung jawab yang satu tingkat lebih tinggi daripada sebelumnya dalam memberikan sumbangsih kepada masyarakat dan bangsa Indonesia,” ungkap Prof Yusuf.

“Semoga keberhasilan hari ini bukanlah merupakan titik akhir perjalanan, akan tetapi, sebaliknya menjadi starting point atau titik awal untuk berkiprah di masyarakat dengan cara terus menerus belajar dalam rangka mengembangkan diri, sehingga lebih bernilai untuk hidup dan kehidupan saudara-saudara,” tambahnya.

Rektor juga berpesan kepada wisudawan dan wisudawati UBL untuk menjaga nama baik almamater. “Selepas saudara dikukuhkan hari ini, reputasi saudara dimasyarakat, langsung ataupun tidak langsung mencerminkan kualitas pembelajaran dan pengembangan diri anda di UBL, oleh karena itu jaga nama baik kampus. Terus jaga silaturahmi, karena alumni bagian dari sivitas akademika, bagian dari keluarga besar UBL yang tidak pernah terlepas hubungan itu sampai akhir hayat nanti,” tutup Prof Yusuf.

Dalam pidatonya, Rektor UBL juga menyampaikan capaian yang sudah diraih UBL dalam usianya yang ke 51 tahun dengan berbagai upaya yang dilakukan baik pembangunan fisik, fasilitas, prestasi akademik, non akademik maupun sumber daya manusia. Diantaranya adalah meraih penghargaan Peringkat I dari Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah II yang meliputi Sumatera Selatan, Lampung, Bengkulu, dan Bangka Belitung 5 tahun berturut-turut dengan kategori yaitu pada 2019 dan 2020 Terbaik I dalam kategori Aspek Kelembagaan dan Sumber Daya Manusia. Pada 2021, peringkat I kategori Aspek Kelembagaan dan Sistem Informasi. Tahun 2022, Peringkat I kategori Aspek Kelembagaan, Sistem Informasi dan Kerjasama. Kemudian, pada 2023 mendapatkan dua Piagam Penghargaan Peringkat I untuk kategori akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi dan Peringkat I Untuk Kualifikasi Dosen untuk bentuk Perguruan Tinggi Universitas.

Selain capaian akreditasi Program Studi A dan UNGGUL serta Internasional yang sudah diraih, pengembangan SDM juga terus dilakukan dengan semakin banyaknya dosen UBL yang dan sedang menjalani pendidikan doktor, baik di dalam maupun luar negeri. Ada 19 Dosen sedang menjalani pendidikan doktor dan tujuh yang selesai. Delapan di antaranya studi lanjut di luar negeri. Belum lama ini UBL juga menambah empat dosen yang mendapatkan gelar Profesor atau Guru Besar. | redk

Tulis Komentar Anda