SETNOV JADI KETUA FRAKSI

Setya Novanto.
Setya Novanto.

LAMPUNG7COM Golkar menunjuk Ade Komarudin sebagai Ketua DPR menggantikan Setya Novanto (Setnov) yang mengundurkan diri. Sementara Setya Novanto ditunjuk menggantikan Ade jadi Ketua Fraksi Golkar di DPR.

Namun langkah Golkar menunjuk Setya Novanto sebagai Ketua Fraksi Golkar dinilai buruk. Sebab, Setya Novanto terbelit kasus pencatutan nama Presiden Jokowi dalam upaya perpanjangan kontrak Freeport. Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR juga sudah memberikan sanksi ringan kepada Setya Novanto.
“Pengangkatan Setya Novanto menjadi ketua fraksi itu langkah yang buruk. Artinya, Aburizal Bakrie tidak peduli dengan Golkar tapi lebih peduli dengan kekuasaannya,” kata pengamat politik Populi Center Nico Harjanto dalam Diskusi Perspektif Indonesia di Gado-Gado Boplo, Jakarta, Minggu (19/12).
Nico menilai, Partai Golkar merupakan partai besar dan berada di posisi kedua dalam pemilu legislatif (pileg) 2014. Sehingga, Ical seharusnya bisa lebih mementingkan situasi politik Indonesia dan menjaga nama baik partainya.
“Seharusnya dia (Ical) menunjuk orang lain yang dianggap layak dan pantas untuk dijadikan ketua fraksi. Sebab, bagaimana mungkin Setnov bisa menjadi ketua fraksi yang prima bila sejak awal sudah ada cacat etika,” paparnya.
Dengan demikian, pengangkatan Setya sebagai ketua fraksi dianggap melecehkan nilai keadilan etik di masyarakat. Bukan hanya itu, situasi ini juga dianggap melecehkan aspirasi publik untuk memperbaiki kualitas politikus tanah air.
“Itu juga akan semakin memperburuk citra Golkar dan DPR,” pungkasnya.
Sebelumnya, Setya Novanto resmi menjadi ketua Fraksi Golkar setelah seluruh petinggi partai Golkar menggelar rapat pimpinan (Rapim) di Bakrie Tower pada Kamis (17/12) kemarin. Selain penunjukan Setnov sebagai ketua fraksi Golkar, Ade Komarudin juga diputuskan menjadi pengganti Setnov menjadi Ketua DPR.
“Kita rapat partai, yang rapat partai itu di bawah pimpinan Pak Aburizal Bakrie sama semua pimpinan. Dalam rapat, pimpinan dimintai tanggapan dan pada akhirnya yang kita ketahui bersama Pak Ade Komarudin jadi Ketua DPR dan saya ditunjuk sebagai Ketua Fraksi Golkar,” ujar Setya Novanto di Gedung Nusantara 3, DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (18/12). [mdk]


Eksplorasi konten lain dari LAMPUNG7.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tulis Komentar Anda