Ketua TP-PKK Metro Monitoring Pasar Tani Agro Ceria, Bagikan 2.300 Bibit Cabai ke Masyarakat

Ketua TP-PKK Metro Monitoring Pasar Tani Agro Ceria, Bagikan 2.300 Bibit Cabai ke Masyarakat

LAMPUNG7COM – Metro | Ketua TP. PKK Kota Metro Silfia Naharani Wahdi, melakukan monitoring Pasar Tani Argo Ceria jelang Ramadan yang dilaksanakan di halaman kantor DKP3 Kota Metro, Jumat (08/03/2024).

Ratusan masyarakat nampak antusias untuk mengantri mendapatkan beras dan bahan pokok subsidi Pemerintah yang digelar menjelang bulan Ramadhan.

Silfia Naharani mengatakan, bahwa Pasar Tani Agro Ceria adalah inovasi dari Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Metro, untuk mendukung petani dan mendorong pemulihan ekonomi yang didukung oleh TP. PKK Kota Metro, UMKM dan KWT.

“Setiap ada event saya selalu upayakan untuk melihat langsung, dan kegiatan ini bukan hanya sekedar rutinitas tetapi juga dilakukan evaluasi, “ujar Silfia.

Tak hanya itu, Pasar Tani Agro Ceria yang dibuka berawal dari niat membantu para pelaku usaha tani, untuk turut juga menjajakan makanan yang sehat dan aman.

“Yang pasti yang dijajakan disini, adalah makanan yang memang tidak hanya sehat tapi aman. Konsepnya bukan hanya sekedar menjual saja, tetapi makanannya juga sehat dan aman”, tutur Silfia.

Silfia Naharani, berharap hadirnya Pasar Tani Agro Ceria di Kota Metro dapat menumbuhkan semangat para petani dan pelaku UMKM.

“Seperti evaluasi kemarin, sebuah kota bisa dilihat kota, kalau gerakan pemberdayaannya, kemudian ritelnya ataupun industri kecilnya bergerak terus”, ungkap Silfia.

Sementara itu, Kepala Dinas KP3 yang diwakili oleh Kepala Bidang Ketahanan Pangan Metro, Pipi Puspita, menyampaikan bahwa Sinergi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (Gernas PIP) seperti cabai dan bawang merah menjadi fokus utama pemerintah, karena memiliki peran penting dalam menjaga tingkat inflasi agar tidak terlalu tinggi di Indonesia.

Salah satunya, Pemerintah Kota Metro melalui DKP3 berupaya untuk menanggulangi terjadinya inflasi di Kota Metro dengan GERTAPAGA (Gerakan Tanaman Pangan Keluarga) dengan memberdayakan masyarakat untuk mempunyai tanaman cabai secara mandiri.

Sebelumnya, pada tahun 2023 DKP3 Kota Metro telah membagikan sebanyak 37.500 bibit cabai secara gratis ke masyarakat.

“Minggu ini, dan tepatnya hari ini 2.300 bibit cabai di serahkan secara simbolis oleh Ketua TP-PKK Kota Metro ke PDA Aisiyah, kemudian dari kelompok PKH dari Dinas Sosial,” beber Pipi.

Dalam paparannya, Pipi mengungkapkan bahwa sistem yang dilakukan dalam pembagian bibit cabai kepada masyarakat kepada kelompok-kelompok PKH harus melalui pelatihan terlebih dahulu, tentang tata cara menanam cabai yang benar.

“Kelompok-kelompok PKH harus diajarkan untuk memanen cabai. Jadi konsepnya, selain dia mendapatkan bantuan PKH, tapi juga diajarkan untuk bisa mandiri menanam cabai sendiri untuk mengurangi biaya dapur,“ terang Pipi.

Selain itu, Pengurus Cabang Aisiyah yang ada di 5 Kecamatan juga bertugas untuk melakukan sosialisasi GERTAPAGA pada masing-masing kecamatan.

Harapannya, setiap keluarga nantinya akan mempunyai tanaman cabai dirumahnya masing-masing, sehingga ketika harga cabai mengalami kenaikan maupun penurunan masyarakat tidak perlu panic buying.

“Kita juga selalu melakukan pemantauan progresif, setiap bulannya kita mapping, dimana saja kita sudah sebarkan dan ada juga pendampingan kelapangan adalah penyuluh kita,“tambah Pipi.

Usai Idul Fitri, rencanannya DKP3 Kota Metro juga akan mengadakan lomba tanaman cabai yang dikuti oleh masyarakat penerima manfaat bibit cabai dari GERTAPAGA di Kota Metro.

“Nanti juga insyaallah setelah lebaran kita adakan lomba tanaman cabai, jadi masyarakat bener-benar kita bagi itu, kita pantau. Sebelum dibagi kita juga ada edukasi menanam dan merawat cabai,” pungkas Pipi. |(Red).


Eksplorasi konten lain dari LAMPUNG7.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tulis Komentar Anda