Dukung Tata Kelola Arsip, Kantor Imigrasi Bandar Lampung Lakukan Pemusnahan Arsip Substantif Keimigrasian

Dukung Tata Kelola Arsip, Kantor Imigrasi Bandar Lampung Lakukan Pemusnahan Arsip Substantif Keimigrasian

Bandar Lampung – Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung melaksanakan pemusnahan arsip fisik substantif keimigrasian.

Kegiatan ini diadakan di Aula dan dihadiri oleh Kepala Kantor imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung, Indra Bangsawan dan disaksikan oleh Arsiparis Perwakilan Biro Umum dan Perwakilan Sekretariat Direktorat Jenderal Imigrasi serta Kepala Bidang Perizinan dan Informasi Keimigrasian Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham Lampung.

Dalam sambutannya Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung Indra Bangsawan mengapresiasi kedatangan para saksi dalam kegiatan tersebut sebagai bentuk dukungan pengelolaan arsip yang baik di Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung.

“Kantor ini secara rutin melakukan pengelolaan arsip, dan telah mendapatkan piagam penghargaan dari Sekretaris Jenderal Kemenkumham RI terkait Retensi Arsip Secara Rutin. Pengelolaan arsip ini dilakukan dengan memperhatikan prosedur yang ada, seperti minimnya ruangan arsip, tidak memiliki nilai guna dan digitalisasi arsip salinan.” Ungkap Indra Bangsawan saat di konfirmasi Jumat (22/03/2024)

Sementara itu Arsiparis Ahli Muda, Dedi Syahputra perwakilan dari Biro Umum Sekretariat Jenderal Kemenkumham RI menyebutkan apresiasi setinggi-tingginya kepada Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung yang mendukung gerakan nasional sadar tertib arsip dan secara rutin selama 6 tahun berturut-turut melakukan pemusnahan arsip agar terciptanya tertib pengelolaan arsip.

Selanjutnya Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan pemusnahan arsip secara simbolis oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Bandar Lampung beserta para Saksi dengan menggunakan mesin penghancur kertas (Paper Shredder).

Pemusnahan dilakukan terhadap arsip substantif keimigrasian berupa berkas permohonan dokumen keimigrasian (Salinan E-KTP, Kartu Keluarga, Akta Lahir, Buku Nikah dan Ijazah serta Formulir Perdim) tahun 2020-2021 dan dokumen perjalanan RI tahun 2006-2017 dengan grand total 28.409 arsip subtantif keimigrasian.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini bertujuan untuk meniadakan fisik dan informasi arsip, sehingga tidak terdapat penumpukan arsip pada unit kerja. Kegiatan pengurangan jumlah arsip dengan cara pemusnahan arsip dilakukan terhadap arsip yang tidak memiliki nilai guna, dengan tetap memperhatikan prosedur yang berlaku.


Eksplorasi konten lain dari LAMPUNG7.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tulis Komentar Anda