CHRISNA: METRO AKAN BUAT TAMAN PENGANTIN

FB_IMG_1450180054762_resizedLAMPUNG7COM, Metro – Dalam rangka Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Gerakan Perempuan Tanam & Pelihara Pohon (GPTPP) tahun 2015, Pj. Walikota Metro Achmad Chrisna Putra beserta Ketua PKK Kota Metro Dharlinda Chrisna Putra, Sekkot Metro Ishak, Forkopimda, dan Satker Pemkot Kota Metro secara simbolis melakukan penanaman pohon di halaman SD Muhammadiyah 2 Metro, Selasa (15/12/2015).
Dikatakan dalam sambutannya Chrisna Putra merencanakan akan adanya pembuatan ‘Taman Pengantin’ di Kota Metro, sebagai pendukung program-program Pemerintah terkait rehabilitasi hutan dan lahan melalui gerakan penanaman dan pemeliharaan pohon.
“Pemerintah berencana akan membuatkan cara unik yang mudah diminati publik, yakni dengan membuatkan Taman Pengantin. Nantinya setiap pasangan yang akan menikah wajib menanam 5 bibit pohon di taman tersebut, bahkan fungsi taman secara berkelanjutan akan dijadikan Taman Publik juga sebagai Hutan Kota,” ujar Chrisna.
Lebih lanjut, kegiatan yang mengangkat tema “Ayo Kerja, Tanam dan Pelihara Pohon untuk Hidup Lebih Baik”, dimaksudkan bagi seluruh masyarakat khususnya di wilayah Kota Metro untuk ikut serta dalam membangun ekosistem hutan, juga untuk menjaga kelestarian alam dan keanekaragaman hayati, serta untuk meningkatkan kualitas lingkungan yang lebih baik di hari ini dan pada masa mendatang.
“Insya Allah, rencana Taman Pengantin bisa terealisasi. Segera hal tersebut akan dibicarakan dengan Instansi terkait, juga mengenai lahan yang akan digunakan nantinya,” jelas Chrisna Putra.
Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kota Metro Yeri Ehwan, selaku Ketua Pelaksana kegiatan menyampaikan, tujuan kegiatan dimaksudkan untuk meningkatkan rasa kepedulian masyarakat akan kelestarian lingkungan. Salah satu cara sederhana untuk tetap menjaga kelestarian lingkungan yakni dengan melakukan penanaman pohon minimal di lingkungan sekitar secara berkelanjutan, hal tersebut guna menurunkan jumlah lahan kritis yang semakin meluas di Kota Metro.
“Sebanyak 8.500 bibit pohon berbagai jenis mulai Alpukat, Durian, Pete dan Nangka, akan didistribusikan ke seluruh Wilayah di Kota Metro, dimana penanaman akan dilakukan di Sekolah, Taman, ruang publik, Irigasi dan lahan-lahan yang perlu penghijauan.  Kegiatan ini juga sebagai upaya untuk tetap menjaga ketersediaan Ruang Terbuka Hijau atau Hutan Kota, dimana Kota Metro pernah menjadi salah satu Kota Hijau atau Green City di Indonesia dan itu harus dipertahankan.” Jelas Yeri.

Laporan Nanang


Eksplorasi konten lain dari LAMPUNG7.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

Tulis Komentar Anda