UKM Fotografi Zoom Gelar Pajang Karya Bulanan Edisi Ramadan

UKM Fotografi Zoom Gelar Pajang Karya Bulanan Edisi Ramadan

Pajang karya merupakan salah satu bagian dari program kerja yang diadakan UKM Fotografi Zoom Unila untuk meningkatkan kemampuan anggota dalam bidang fotografi. Selain itu, kegiatan ini sebagai ajang merayakan bulan Ramadan melalui pameran fotografi edisi khusus.

Pajang karya bulanan dimulai dengan melakukan hunting foto selama enam hari, dilanjutkan dengan proses kurasi selama dua hari untuk menentukan karya foto terbaik dan layak untuk dipajang. Hunting foto edisi Ramadan dilaksanakan pada 25-30 Maret 2024.

Pemilihan lokasi hunting foto dilakukan secara acak. Pada kegiatan pajang karya bulanan edisi Ramadan kali ini, Tim UKM Fotografi Zoom Unila memilih empat tempat sebagai tujuan utama. Lokasi tersebut yakni Pasar Rebo, Mall Ciplaz, Masjid Agung Al-Furqon, serta Pasar Bambu Kuning, Bandar Lampung.

Imam Darmawan, selaku penanggung jawab kegiatan pajang karya bulanan edisi Ramadan mengungkapkan beberapa hal terkait proses hunting foto, kurasi, hingga proses pameran digelar. Ia mengatakan, pelatihan seperti perlu diberikan namun tetap menyesuaikan perkembangan kemampuan para tenaga kependidikan.

“Karena saat ini kita sedang memasuki bulan Ramadan, jadi kita mengambil filosofi mengenai human interest, di mana bulan ini erat kaitannya dengan hubungan antarmanusia, serta berbagai kegiatan masyarakat dalam melaksanakan ibadah di bulan suci,” ungkap Imam.

Pajang karya bulanan dilakukan secara tatap muka (offline) dengan menampilkan berbagai hasil fotografi yang telah dikurasi. Selain itu, para mahasiswa yang berkunjung berkesempatan memberikan vote sebagai bentuk dukungan dan apresiasi bagi karya fotografi yang ditampilkan. Jumlah vote tersebut akan dikumpulkan untuk menentukan karya fotografi favorit mahasiswa.

Pajang karya bulanan diharapkan menjadi kesempatan yang baik bagi UKM Fotografi Zoom Unila untuk memperkenalkan seni fotografi kepada mahasiswa, melatih kemampuan anggota UKM dalam bidang fotografi, sekaligus menjadi ajang dalam merayakan bulan Ramadan, melalui berbagai momentum yang berhasil ditangkap tim.


Eksplorasi konten lain dari LAMPUNG7.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tulis Komentar Anda