Antusias peserta terlihat saat kegiatan ini digelar, dengan total 54 peserta hadir untuk menjalani pemeriksaan komperhensif terkait kesehatan reproduksi mereka.

Papsmear merupakan prosedur pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi kanker serviks pada perempuan. Pemeriksaan papsmear dapat mendeteksi adanya sel-sel asing (sel prakanker) pada leher rahim yang berpotensi berkembang menjadi kanker.

Fiyanti Mala Ayi selaku ketua pelaksana menyampaikan, kegiatan hasil kerja sama DWP Unila dan Prodia ini bertujuan untuk mengetahui secara dini kondisi kesehatan kaum perempuan.

“Ketika kita dapat mengetahui lebih dini mengetahui apa yang terjadi pada tubuh kita, maka kita bisa melakukan tindakan pencegahan lebih awal,” ujarnya.

Ia juga menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada tim Prodia yang berpartisipasi dalam kegiatan pemeriksaan papsmear secara gratis, serta kepada Klinik Unila yang menyediakan fasilitas tempat untuk kelancaran kegiatan ini.

Kegiatan juga diharapkan menjadi pintu gerbang bagi para ibu di lingkungan Unila untuk lebih memperhatikan kondisi kesehatan fisik mereka, terutama kesehatan reproduksi guna menjaga produktivitas dan kesehatan di usia tua. | redk

Tulis Komentar Anda