Elon Musk Ledek Cara Meta Ungkap Alasan Down Instagram dan Facebook

Elon Musk Ledek Cara Meta Ungkap Alasan Down Instagram dan Facebook
Elon Musk.

Instagram dan Facebook sempat mengalami down secara bersamaan, pada Selasa (5/6) malam. Peristiwa ini menyebabkan beberapa pengguna merasa akunnya sedang bermasalah atau sedang di-hack.

Belakangan mereka sadar bahwa persoalan muncul justru bukan di akun mereka, melainkan dari Meta. Direktur Komunikasi Meta, Andy Stone pun mengungkap alasan kenapa Instagram dan Facebook tersebut mengalami gangguan.

Melalui akun X (dulu bernama Twitter), Andy mengatakan bahwa telah terjadi persoalan teknis. Namun sayang, ia tak merinci detail apa yang menyebabkan Facebook dan Instagram mengalami gangguan.

Dua Posting-an Andy ini telah dilihat oleh lebih dari 2 juta pengguna X. Respons Andy yang tak mendetail ini pun, memantik respons dari Elon Musk.

Tanpa kata-kata, Musk merespons cuitan Andy Stone dengan sebuah gambar meme, sebuah karakter kawanan penguin dalam film Penguins of Madagascar.

Ia mem-posting screenshot tiga penguin dengan logo Facebook, Instagram dan Threads. Ketiga penguin itu lantas memberi hormat kepada penguin lain dengan logo X. Di meme tersebut juga ditampilkan potongan layar posting-an dari cuitan Andy Stone.

Posting-an Musk telah dilihat lebih dari 50 juta pengguna X di seluruh dunia.

Instagram dan Facebook mengalami down secara bersamaan pada Selasa malam (5/3) sekitar pukul 22.30 WIB. Selang satu setengah jam kemudian, layanan berangsur pulih pada pukul 00.00 WIB pada Rabu dini hari.

Dua aplikasi itu terus-terusan gagal melakukan pembaruan timeline. Hal serupa juga terjadi saat pengguna membuka halaman Explore hingga Profile. “Couldn’t refresh feed.”

Sementara di Facebook, pengguna mengalami log out massal. Mereka diminta untuk melakukan log in ulang. “Session Expired. Please log in again,” demikian pesan yang muncul saat membuka Facebook. Namun, saat log in ulang, beberapa notifikasi error kerap muncul.

Sejumlah pengguna Facebook yang melakukan log in ulang mendapati pengalaman berupaya memulihkan akun yang mereka kira telah diretas. Padahal, hal itu merupakan gangguan teknis yang dialami Meta.

Peristiwa ini membuat tagar #instagramdown jadi trending topik di Twitter. Banyak netizen protes kenapa dua platform ini sulit diakses.


Eksplorasi konten lain dari LAMPUNG7.COM

Berlangganan untuk dapatkan pos terbaru lewat email.

Comments

No comments yet. Why don’t you start the discussion?

    Tulis Komentar Anda